Senin, 19 Januari 2015

Seputar Honda Odyssey Absolute RB1

Saya termasuk salah satu penggemar produk Honda. Kecintaan saya akan produk honda sudah diturunkan dari ayah saya yang sejak saya mengerti kendaraan dan sampai sekarang masih mengendarai Honda Accord. Selain saloon/sedan, Honda Odyssey Absolute+ (RB1) 2005 merupakan salah satu mobil idaman keluarga saya sampai sekarang.

Saya ingin membahas kendaraan dengan kode bodi RB1, karena tipe-nya lumayan banyak. Mulai dari tipe M, L, Absolute, Absolute+, Absolute++. Berikut sekilas perbedaannya :
  • M (Basic), interior berwarna abu-abu, tanpa body kit dan banyak sekali fitur yang tidak ada pada tipe ini, seperti electric driver seat, AFS, VSA, electric/auto retractable 3rd row seat, dll.
  • L (luxury), interior berwarna beige, fitur mirip dengan tipe Absolute, speedometer berpendar biru (walaupun Absolute keluaran tahun 2006 keatas juga berwarna biru), lis bodi chrome, dan tanpa body kit.
  • Absolute, interior berwarna hitam, lingkar setir model palang tiga (three spokes), body kit, Absolute badge, jok kombinasi fabric dan leather, AFS, VSA. Tanpa electric driver seat, pelipatan bangku baris ketiga manual, a/c single zone, no parking sensor.
  • Absolute+, semua kelengkapan Absolute biasa ditambah electric driver seat, electric/auto retractable 3rd row seat, auto retractable mirror, dual zone a/c, parking sensor, dan front sensor.
  • Absolute++, semua fitur absolute+ ditambah dengan layar navigasi lengkap dengan menu dan tombol-tombol bahasa jepang.

Eksterior


One word to describe, BEAUTIFUL!!

Tak terasa umur RB1 sudah 1 dasawarsa. But somehow, dengan desain yang menarik dan futuristik, dan didukung juga dengan warna andalan yaitu Black Amethyst, membuat RB1 tidak ketinggalan jaman dibanding mobil-mobil keluaran terbaru. Seperti yang sudah saya bahas diawal artikel ini, mungkin faktor ini merupakan salah satu alasan mengapa produk Honda lawas masih banyak digemari, terutama oleh anak muda karena desainnya yang Timeless.

Yang saya sukai dari big mpv ini karena bodynya yang panjang dan gepeng (low slung) ditambah dengan ground clearance yang minim. Inovasi tangki bensin yang posisinya berada ditengah, berefek pada interior RB1 menjadi lebih lapang

Engine & Trannie & Brakes


The engine? Oh i love the way it sounds..
Menggunakan mesin K24A2 200hp 232nm, tenaga yang dihasilkan melebihi Accord CM5 maupun CRV RE1. Oleh karena memiliki output horsepower (HP) yang lebih besar dari tipe L maupun M yang hanya 160hp saja, maka konsumsi BBM juga cukup terkompensasi, yaitu 1:6L untuk dalam kota (premium oplos pertamax+ 50:50).

Menggunakan transmisi tiptronic, dan quick shifter cukup ampuh untuk salip-menyalip.
Tetapi, banyak ditemui kasus transmisi Odyssey RB1 yang menggunakan teknologi CVT sering kali jebol. Tetapi, penyebabnya adalah transmisi CVT Honda Odyssey generasi awal yang kurang durable, dan juga ada kasus gara-gara salah ganti oli transmisi. Yang semestinya menggunakan oli khusus CVT malah diisi ATF/ATFz1.

Pada sektor pengereman terasa bergetar ketika dibawa lebih dari 80km/jam. Itu sudah jadi rahasia umum kalau sistem rem Honda Accord, Civic, dan Odyssey keluaran antara tahun 2004-2007 mudah warped alias tidak rata maupun bengkok. Solusinya, mobil dapat dibawa bengkel bubut untuk dibubut sedikit remnya (pakai metode bubut yang tanpa bongkar rem) sekitar 1 jam, dan Voila! Getaran hilang sama sekali.

Kondisi tersebut dapat dilakukan dengan catatan discbrake masih tebal dan masih aman untuk dibubut. Satu hal yang perlu diperhatikan, sebisa mungkin jangan mendongkrak RB1 dalam jangka waktu yang lama. Apalagi dengan posisi ban yang menggantung. Hal ini bisa menyebabkan shockbreaker "ngelock/ngunci". Apabila terpaksa, harus dibantu dengan jackstand di sekitar arm-nya untuk mengurangi shock fully stretching.

Anehnya, mekanik bengkel bubut kawakan sudah paham akan hal ini dan melakukan tindakan pencegahan sebisa mungkin. Tetapi berbeda di Bengkel Resmi honda. Walaupun mereka tahu, tetap saja kendaraan digantung berlama2.

Kondisi yang sama dapat ditemui pada merek lain seperti Toyota Camry dan juga Corolla Altis yang mudah ngelock.

Interior

Look at that dashboard!! Dashboard adalah hal lain yang saya suka dari RB1. Desain dan tata letak tombol-tombol fungsi yang disematkan yang termasuk modern bahkan sampai sekarang. Kalau bisa dipertahankan, dan Honda please, jangan buat dashboard berlaci grand canyon lagi. Finishing yang baik, tombol-tombol enak ditekan, knob-knob halus. Bahannya pun bagus dan awet.
Kebetulan unit pada gambar memiliki a/c dual zone (triple zone termasuk belakang). Driver Seat sudah elektrik dan tambahan Sunroof membuat mobil ini semakin atraktif.
Pada kolom setir, ada tombol pengaturan audio dan cruise control.


Oh ya, walaupun mobil tua, tapi sudah menganut keyless entry dan keyless starter. Model Kuncinya seperti kartu kredit hanya lebih tebal. Istilahnya "smart card".





Untuk kualitas audio, cukup enak untuk didengar. Saran dari para pemakai Odyssey RB1 ini adalah diusahakan sebisa mungkin untuk tidak menggunakan CD. Untuk usia yang sudah mencapai 10 tahun, terkadang motor dari head unit tersebut banyak yang sudah rusak, sehingga terkadang CD bisa nyangkut didalam head unit. Solusinya, manfaatkan colokan AUX IN yang terdapat dilaci tengah diantara kursi depan. Untuk radio sendiri, hanya bisa sampai 900Mz saja karena masih menganut frekuensi dari negara asalnya, Jepang.



Fitur lainnya yang menarik adalah third row seat yang dapat dilipat dengan menggunakan tombol, nice! Sayangnya di Odyssey RC1 sepertinya fitur ini dihilangkan.

Driving Impression

Mencari driving position yang ideal di mobil ini tidak susah. Satu hal lagi yang saya senang dari Honda adalah walaupun body mobil besar, namun ketika berada dibalik kemudi perasaan itu tidak seakan-akan hilang. Hal yang sama saya rasakan ketika bawa Accord CM5 sebelumnya, pengemudi dibuat agar mudah untuk beradaptasi. Mungkin kata-kata yang tepat adalah ergonomis.

Suspensi RB1 sudah termasuk nyaman. Hanya saja apabila ingin membeli mobil ini, harus melihat apakah pemilik sebelumnya sering melintas dirute jalan yang kurang baik. Membawa mobil ini dengan kondisi high speed dijalan tol sangatlah nyaman, serasa menempel di aspal.

Apabila terdengar suara dengung ketika berjalan diatas 70km/jam, itu bearing-nya sudah aus. Jika sudah diganti, bunyi tersebut hilang. Harga part-nya lumayan mahal, sekitar Rp. 900,000/pc untuk orisinil dan setengah untuk KW.

Driving feedback, oh yeah its alive!
Tapi satu hal yang harus dihindari adalah memutar setir sampai full / mentok karena dapat menyebabkan power steering rusak / selangnya bocor. Saya rasa memang penyakit bawaannya FWD (Front Wheel Drive) dan juga faktor sudah berumur.

Bonus

Buat yang hobi modifikasi, semoga gambar berikut ini bisa jadi referensi.








Terima kasih atas kesediaan kawan-kawan yang sudah mau mampir dan membaca tulisan newblogger yang acakadut ini, maaf apabila banyak kesalahan atau kurang jelas. Comment and critic are welcome.

41 komentar:

  1. Gan klo ada yg jual absolute + atau ++ tolong ditampung dan dikabarin gan... 081314805607

    BalasHapus
  2. Saya punya odd.absolute 2004, baru ganti shockbreaker depan belakang.....tapi dipake jalan setir terasa ketarik tarik.....kira2 apa penyebabnya ya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak ikut club gan?sharing di club odyssey aja siapa tau ada pemecahan masalahnya

      Hapus
    2. ikut club odyssey aja biar enak sharing2 permasalahan hub ketum HOCY (honda odyssey comunity) om Doel +628121527984

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. punya saya absolute +, electric driver seat, electric/auto retractable 3rd row seat, auto retractable mirror, dual zone a/c, parking sensor, dan dual zone a/c, tapi parking sensor, dan front sensor gak ada ya....trs keyless yg bentuknya seperti kartu jg gak ada, cuma ada kunci saja....trs masuk tipe yg mana ya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. sensor parkir dan sendor depan itu ada nya di absolure yg ++ . mobil beli nya baru apa second gan? kalo second mungkin ketinggalan ama yang punya dulu keyless nya.

      Hapus
    2. Kalau absoluted 2006 s.d 2007 facelift jadi 1 dengab kunci utama ...tidak berbentuk kartublagi spt edisi 2004 s.d 2006 awal

      Hapus
  5. Om ane mau cari list body chrome stdr nya RB1 type M,dmn ya?
    Mohon petunjuk

    BalasHapus
  6. Klo keluar tanda smart di indikator permasalahan nya dmn ya, tolong dibantu senior odc

    BalasHapus
  7. Numpang tanya om.saya bawa odyssey th 2006 akhir.tipe absolute+.velg ak ganti ring 19.gambar injeksi am vsa sering nyala penyebabnya ap ya om..klo saya bawa ke bengkel cuma di scan ilang tapi trus kembali nyala lagi

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Maaf Agan-agan, Saya mau menanyakan seputar Smard Card pada ODC RB1 2004, btw gmn cara menggunakannya yah? terima kasih banyak atas arahannya.

    BalasHapus
  10. sy cari spoiler belakang atas yg ada lampu stopnya utk odyssey rb1 thn 2005. Ada?

    BalasHapus
  11. sy cari spoiler belakang atas yg ada lampu stopnya utk odyssey rb1 thn 2005. Ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan masuk ke group facebook honda odyssey community market place

      Hapus
  12. Om kalo benerin powering steering selain di BeRes apa ada rekomen bengkel yg bagus? Sy pake RB1 absolute kata mekanik beres power steeringnya bocor, dan buat ganti hrs indent barang. Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan masuk ke group facebook honda odyssey community market place
      Situ kumplit mau share apa aja ada seputar odyssey

      Hapus
  13. Gan mau tanya perawatan odc ribet ga si.. Sy pngn bgt punya odc cuma msh mikir2.. Tkt onderdil nya susah

    BalasHapus
  14. Gan mau tanya perawatan odc ribet ga si.. Sy pngn bgt punya odc cuma msh mikir2.. Tkt onderdil nya susah

    BalasHapus
  15. kalau ada yang jual spion kiri Honda Absolute warna silver yang second, kondisi rusak juga gakpapa, bisa hubungi 081703690330. ASAP

    BalasHapus
  16. Yg minat odyssey absolute+ 2005 hitam km 80rb plat L sby 160jt
    Hub:082245676166

    BalasHapus
  17. Yg minat odyssey absolute+ 2005 hitam km 80rb plat L sby 160jt
    Hub:082245676166

    BalasHapus
  18. Yg minat odyssey absolute+ 2005 hitam km 80rb plat L sby 160jt
    Hub:082245676166

    BalasHapus
  19. q ada odyssey absolud + 2005 silver jatim 082231333222

    BalasHapus
  20. Ada yg jual lampu kiri odyssey tahun 2000? Hp.082169111885

    BalasHapus
  21. Klo ad yg jual absolute + /++ lokasi Sby, sda, grsk... call ane mau minang odc

    BalasHapus
  22. 085258832313 odc absolute +/++ 2004/2005,,

    BalasHapus
  23. Tengs...
    Informasinya sangat bermanfaat...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  24. Kebetulan baru pake odc gan, ,absolute ++ 2004, kebetulan kan gak pake handrem , terus kalo misalkan mau parkir, sama pas berhenti waktu macet ato lampu merah,, apa cukup injak rem? Mohon pencerahan gan2,,? Masih awam soal odc

    BalasHapus
  25. gan....trm kkasih infonya,,maybe sy salah satu penggemar odc yg lagi mau cari..cmn agk binngung jga trnyta banyk hal2 yg mngkin tdk sama spek odc spt pd umumnya mobil lainnya...spt gk ada handremnya,,ada keyless(fungsinya utk apa ya )..

    BalasHapus
  26. sy stay di Semarang Gan....siapa tau dapat info ttg detailnya ocd dr teman2 pemilik ocd di Smg....

    BalasHapus
  27. Ody saya ,saya jual gan siapa tau ada yang minat .
    Odyssey absolute++ JAPAN 2005
    Pastinya smart key ya gan ,plat W (sidoarjo) asli JATIM .pajak hidup 09-2019 ,surat2 lengkap ,ori cat ,ori interior .Lokasi di sidoarjo jawa timur.
    Kepo gambar dan harga ?
    Silahlan w.a 0838-3210-0404
    Terima kasih semuanya ,salam Hoddys 🙏

    BalasHapus
  28. Betway Casino & Hotel - Jackson, MS - JTM Hub
    With 충청북도 출장샵 over 2000 slots games, a wide variety of live dealer 익산 출장샵 games and more, Betway has been 진주 출장마사지 recognized as one of the best online 하남 출장안마 casinos in 안산 출장샵 Mississippi.

    BalasHapus